by

Virgil Van Dijk: Celtic Menjadikanku Mental Juara

Virgil van Dijk mengungkapkan bahwa Celtic FC punya peran besar dalam kariernya. The Hoops merupakan klub yang membentuknya memiliki mental juara.

Celtic merupakan klub pertama Van Dijk di luar Belanda. Ia bergabung dengan tim asal Skotlandia ini pada musim panas 2013 dari FC Groningen.

Van Dijk bermain selama dua musim di Celtic dan menorehkan 115 penampilan serta menyumbang 15 gol. Ia membantu Celtic merengkuh dua gelar Liga Skotlandia.

Van Dik mengaku dua musimnya di Celtic ini begitu berharga bagi kariernya. Celtic adalah klub yang membentuk mental juara pemain 28 tahun ini.

Baca juga: Juergen Klopp Nyaris Latih Timnas Meksiko Sebelum ke Liverpool

Pasalnya, Van Dijk baru merasakan bermain di klub kandidat juara saat membela Celtic. Sebelumnya, ia hanya bermain di tim papan tengah Belanda yaitu Groningen dan Willem II.

“Celtic adalah klub besar – orang-orang masih saja meremehkan seberapa besar itu – di sepakbola Eropa dan saya menghabiskan dua musim yang fantastis di sana,” ujar Van Dijk dikutip dari Sky Sport.

“Saya belajar banyak tentang sepakbola dan kehidupan. Malam-malam bermain di Eropa yang luar biasa, saya belajar banyak tentang bagaimana menghadapi berbagai penyerang.”

“Lalu juga ada Liga Skotlandia. Ini bukan yang tersulit di dunia tetapi ini liga yang Anda diharapkan untuk juara. Ini sesuatu yang baru bagi saya karena di Groningen dan Willem II, kami bukan kandidat juara,” jelasnya.

Usai hengkang dari Celtic, Van Dijk meneruskan kariernya di Southampton. Ia kemudian diboyong oleh Liverpool usai satu setengah musim di The Saint pada Januari 2018. Bersama The Reds, Van Dijk kini menjelma menjadi salah satu bek terbaik di dunia.

Baca juga: Ian Wright: Liverpool Cocok Untuk Kylian Mbappe

News Feed