by

Pujian Bos Epic Games Kepada PS5

CEO Epic Games Tim Sweeney melontarkan berbagai pujian untuk PlayStation 5 (PS5) dalam konferensi pers setelah mereka merilis Unreal Engine 5.

Sweeney menyebut kehadiran PS5 bakal mengubah perkembangan game lebih dari sekadar peningkatan kualitas grafis. Menurutnya, PS5 adalah perangkat yang sangat seimbang.

“Ini punya kemampuan GPU yang sangat tinggi, namun juga punya peningkatan bandwidth di manajemen penyimpanan. Ini akan sangat kritikal,” ujar Sweeney.

“Kemampuan merender semuanya yang bisa ditampung di memori adalah satu hal, namun jauh lebih impresif untuk memasangkan kemampuan merender dunia yang ukurannya puluhan gigabyte dalam waktu sangat singkat, seperti yang dijanjikan konsol baru Sony dengan drive solid state M.2-nya,” tambahnya.

Baca juga:
Tercyduk Posting Menggunakan iPhone, CEO Xiaomi Disemprot Mi Fans

Sweeney mengaku sudah bekerja bersama Sony dalam waktu yang lama terkait storage ini. Ia pun menyebut arsitektur storage yang ada di PS5 sudah sangat melampaui apa pun yang bisa dibeli untuk PC dengan harga berapa pun untuk saat ini.

“Ini akan membantu menggerakkan masa depan PC. (Pasar PC) akan melihat hal ini dan mengatakan, ‘Wow, SSD harus bisa mengejar ini,” tambah Sweeney.

SSD anyar ini memang diklaim Sony lebih cepat dari perangkat apa pun yang ada di pasaran saat ini. Tak cuma membuat waktu loading seperti tak ada, namun juga membuat developer bisa mengakses data game mereka dengan kecepatan sangat tinggi.

Baca juga:
Wow, WhatsApp Akan Bisa Lakukan Video Call Sampai 50 Orang

Hasilnya adalah dunia di game yang bisa loading dengan waktu jauh lebih cepat dibanding sebelumnya. Bagi para developer, hal ini bisa mengubah pendekatan mereka dalam menyeimbangkan kualitas gambar dan performa untuk menyamai desainnya.

Sweeney sebenarnya tak sekadar menelan klaim Sony mentah-mentah. Ia dan tim engineernya di Epic sudah menggunakan konsol tersebut, dan sudah bekerja sama dengan Sony selama pengembangan Unreal Engine 5.

News Feed