by

Pengguna Harian Tembus 300 Juta, Zoom Perbarui Layanan

Platform video konferensi Zoom ternyata kewalahan karena jumlah pengguna aktif hariannya kini mencapai 300 juta.

Untuk itulah Zoom mengekspansi infrastrukturnya dengan menggandeng Oracle, bukan Amazon Web Services, Google Cloud Platform, ataupun Microsoft Azure Cloud, penyedia infrastruktur cloud yang lebih populer.

Menurut Canalys, pada akhir 2019 market share infrastruktur terbesar masih dipegang oleh Amazon dengan persentase 32,4%. Di bawahnya adalah Microsoft dan Google dengan market share masing-masing 17,6% dan 6%.

Baca juga:
Akhirnya Zoom Tambah Sederet Fitur Keamanan

“Kami belakangan ini mengalami pertumbuhan sangat signifikan dalam bisnis, yang membutuhkan peningkatan kapasitas layanan yang masif. Kami menjajaki sejumlah platform, dan Oracle Cloud Infrastructure sangat penting dalam mempercepat skalabilitas kapasitas kami dan memenuhi kebutuhan pengguna baru kami,” ujar Eric Yuan, CEO Zoom dalam keterangan resminya.

“Kami memilih Oracle Cloud Infrastructure karena keamanan yang paling bagus di industri ini, performa yang sangat hebat, dan dukungan yang sangat baik,” tambahnya, seperti dikutip deltaINET dari Cnbc, Rabu (29/4/2020).

Sebelumnya Zoom sudah menggunakan infrastruktur cloud milik Amazon dan Microsoft, namun pada ekspansinya yang terbaru ini mereka memilih Oracle. Zoom sendiri disebut oleh pendiri dan chairman Oracle Larry Ellison sebagai layanan yang sangat penting selama pandemi Corona.

Selama pandemi ini, banyak perusahaan dan sekolah yang menerapkan belajar dan bekerja dari jarak jauh. Di sinilah pernah Zoom — dan sejumlah platform konferensi video lain — berperan besar.

Pengguna harian aktif Zoom kini mencapai 300 juta, meningkat dari 200 juta pada seminggu sebelumnya. Zoom juga berulang kali dilanda masalah keamanan, meski kemudian mereka berjanji akan meningkatkan keamanannya dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga:
Facebook dan WhatsApp Serempak Melawan Zoom

News Feed