by

Malaysia Perpanjang PKPB Hingga 9 Juni 2020

Pemerintah Malaysia memperpanjang masa Perintah Kawalan Pergerakan Bersyarat (PKPB) atau lockdown. Lockdown diperpanjang hingga 9 Juni 2020.

Dilansir Channel News Asia (CNA), hal itu disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yasin pada Minggu (10/5/2020). Muhyiddin mengatakan meskipun negara melihat banyaknya perkembangan positif dalam perjuangan melawan COVID-19, namun upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil.

PKPB sebelumnya dijadwalkan berakhir pada Selasa (12/5) mendatang.

“Berdasarkan opini publik, saya menyadari bahwa orang ingin pemerintah untuk terus mengambil langkah yang diperlukan untuk memerangi epidemi,” kata Muhyiddin.

Baca juga:
Viral, Curhat Pilu Wanita yang Diceraikan Suami Saat Hamil 3 Bulan

“Karena itu, atas saran Kementerian Kesehatan dan Dewan Keamanan Nasional, saya ingin mengumumkan bahwa PKPB, yang diberlakukan hingga 12 Mei, akan diperpanjang hingga 9 Juni, yang merupakan empat minggu lagi,” sambungnya.

Ini merupakan kali keempat PKPB diperpanjang. PKPB yang sebelumnya mulai berlaku sejak 18 Maret lalu sebelumnya telah diperpanjang tiga kali, masing-masing selama dua minggu.

Di bawah PKPB, tempat usaha dan sekolah yang tidak penting ditutup sementara. Perjalanan domestik dan internasional juga dilarang.

Ada tanda-tanda bahwa pembatasan telah berhasil menurunkan jumlah infeksi baru di Malaysia. Dari kenaikan tiga digit awal, kasus-kasus baru melambat hingga menjadi dua digit mulai pertengahan April.

Baca juga:
Malaysia Mulai Longgarkan Lockdown Corona Hari Ini

Hingga Sabtu (9/5) kemarin, negara itu melaporkan total 6.589 kasus dan 108 kematian. Hampir 75 persen pasien telah pulih. Di seluruh negeri, 94,4 persen wilayah sekarang dikategorikan sebagai zona hijau – daerah tanpa infeksi baru selama dua minggu.

Pemerintah Malaysia juga sebelumnya telah melonggarkan lockdown. Mayoritas sektor ekonomi diperbolehkan beroperasi sejak 4 Mei lalu. Muhyiddin mengatakan diperkirakan 6,64 juta orang, atau hampir setengah dari tenaga kerja negara itu, telah kembali bekerja sejak PKPB bersyarat diberlakukan.

News Feed