by

Lima Pria Diamankan karena Jual Stiker ‘Anti PSBB’ di Bandung

Beberapa sopir barang dipaksa membeli stiker khusus agar lolos dari pos check point Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Stiker bertuliskan “KAWAL 1” itu dijual dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu.

Satgas Saber Pungli Kabupaten Bandung berhasil meringkus lima tersangka pelaku pungli saat pelaksanaan PSBB Jabar di Kabupaten Bandung. Lokasi pungli tersebut berada di Jalan Raya Rancaekek depan Borma Rancaekek.

“Satu stiker harganya Rp.150 ribu – Rp.200 ribu,” ujar Kasatgas Saber Pungli, AKBP Antonius Agus Rahmanto, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, para tersangka sengaja memanfaatkan situasi ketika pelaksanaan PSBB. Karena beberapa truk pengangkut barang, baik sembako, sayur dan buah-buahan, kesehatan dan industri masih dapat berjalan.

“Jadi modusnya memang dicegat, sasarannya adalah kendaraan truk ataupun kendaraan mengangkut sayur,” ujar Antonius.

Baca juga:
Inilah Daftar Kendaraan yang Diizinkan Selama PSBB Jabar

Apabila di kemudian hari truk berstiker itu melalui jalan yang sama. Para tersangka ini akan dengan mudah mengetahui truk tersebut. Kemudian memberhentikan truk tersebut, dan menagih uang lagi sekitar Rp.5 ribu sampai Rp.10 ribu.

“Ketika mereka melintas lagi, truk mereka sudah ada stiker. Kemudian mereka diminta bayar Rp.5 ribu sampai Rp.10 ribu,” tambahnya.

Dari informasi yang dimiliki Satgas Saber Pungli, kelima tersangka ini berasal dari perusahaan yang sama. Perusahaan tersebut berbentuk CV, yaitu CV. Kawal Satu seperti yang tertera dalam stiker yang mereka jual.

“Mereka tergabung dalam satu CV. Yaitu CV Kawal Satu,” terangnya yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Polresta Bandung.

Pihaknya, belum memastikan kelima tersangka ini akan dilakukan penahanan atau hanya administrasi pemerintahan. Karena, Satgas Saber tidak hanya beranggotakan oleh pihak kepolisian.

“Nanti tindak lanjutnya apakah kita akan serahkan ke polri untuk dilakukan penyelidikan atau nanti ditindak administrasi atau pembinaan” katanya.

Sekadar untuk diketahui, pada 6 Mei 2020 kelima tersangka tersebut berhasil diringkus oleh Satgas Saber Pungli. Mereka berlima adalah MF (29), ES (23), FM (21), CE (18) dan NRS (23).

Dalam penangkapan para tersangka, polisi berhasil mengamankan uang Rp.264 ribu, stiker bertuliskan “KAWAL 1” sebanyak tujuh lembar, satu buah double stick, serta empat lembar daftar pembeli stiker.

“Ketika kami amankan memang ada seperti ini, bukti stiker tersebut. Ini daftar dari mereka, siapa yg melintas sudah berapa banyak. Terus kemudian ada juga uang yang mereka hasilkan,” pungkasnya.

News Feed