by

Klopp Sebenarnya Tak Ingin Melepas Coutinho Tapi…

Juergen Klopp sejak awal tak ingin Philippe Coutinho meninggalkan Liverpool. Tapi, Klopp akhirnya merelakan demi kebaikan bersama.

Coutinho dijual ke Barcelona pada Januari 2018 dengan banderol 140 juta euro. Kepergian Coutinho ini sekaligus mengakhiri drama transfer si pemain sejak musim panas sebelumnya.

Coutinho sudah lama digoda untuk pindah ke Barcelona karena LIverpool saat itu masih dalam tahap membangun. Sementara, Coutinho butuh tim yang punya peluang lebih besar meraih trofi.

Meski sudah menandatangani kontrak baru, hasrat Coutinho untuk pergi sudah terlalu besar dan akhirnya Klopp mengikhlaskannya. Padahal saat itu tenaga Coutinho dibutuhkan mengingat Liverpool minim pemain kreatif.

Baca juga: Steven Gerrard Calon Penerus Juergen Klopp di Liverpool

Pasalnya, Adam Lallana lagi cedera panjang sehingga tak punya pengganti lagi. Meski kepergian Coutinho meninggalkan luka untuk fans Liverpool, tapi Klopp menegaskan tak pernah sakit hati dengan keputusan pemain asal Brasil.

“Sedari awal, saya sangat menghormat kepindahan Phil,” ujar Klopp kepada Pure Football Podcast seperti dikutip ESPN.

“Saya sebenarnya jarang melakukan ini, tapi saat itu rasanya seperti ‘Oh, wow akan sangat sulit melepasnya’,” sambungnya.

“Ini bukan soal kontrak baru yang kami tandangtangani beberapa pekan sebelumnya, karena sudah jelas bahwa dia cuma ingin pindah ke klub itu.”

Baca juga: Inikah Rekrutan Terbaik Klopp di Liverpool?

Coutinho bergabung dengan Liverpool sejak musim panas 2013 dengan torehan 54 gol dari 201 penampilan di seluruh kompetisi.

“Kami sulit melepasnya di musim panas karena kami tidak punya penggantinya. Kami kehilangan Adam Lallana yang cedera saat itu, jadi kami kehilangan dua pemain.”

“Itu tidak mungkin terjadi, Anda tidak bisa menuntaskannya di bursa transfer. Dia memutuskan bertahan dan itu keren. Setelahnya Anda harus fair dengannya di bursa transfer dan yakin kami bisa melakukannya, kami memang tidak suka itu tapi kami bisa.”

Baca juga: Liverpool Terancam Batal Juara, Ancelotti: Tidak Adil

News Feed