by

Foto Satelit Terbaru Venesia dari Luar Angkasa

Inilah foto terbaru kota kanal, Venesia dari luar angkasa. Pandemi Corona benar-benar mengubah kota ikonik itu.

Diberitakan CNN, Jumat (17/4/2020), Badan Antariksa Eropa telah merilis dua gambar Venesia yang diambil terpisah dalam satu tahun. Data ini untuk menyoroti dampak pandemi di sana.

Foto pertama telah pada 19 April 2019 kemarin. Foto selanjutnya diambil pada 13 April lalu dan hasilnya sungguh dramatis.

Jumlah kapal di jalur perairan utama Italia itu sangat berkurang sejak krisis COVID-19 dimulai. Venesia yang terletak di timur laut Italia, di teluk tertutup di Laut Adriatik sangat dikagumi wisatawan dunia karena jaringan saluran airnya.

Italia mengumumkan penutupan atau lockdown pada 8 Maret. Kota itu, biasanya penuh dengan turis kini hampir kosong tak ada aktivitas berlayar.

Baca juga: Alhamdulillah, Bima Arya Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Diketahui dari foto, di bulan April tahun lalu tampak puluhan kapal di Kanal Besar Venesia dan Kanal Giudecca. Namun keadaan itu berbanding terbalik dan sangat jauh berkurang dengan fotonya di minggu ini.

Foto satelit kota kanal Venesia, Italia bulan April 2019, kapal-kapal berjejalan (Foto: CNN)

Foto-foto di atas diambil oleh satelit Sentinel-2 dari Badan Antariksa Eropa. Satelit ini bagian dari program Copernicus Komisi Eropa untuk mengamati bumi dan segala perubahannya terhadap lingkungan.

Seperti diketahui bahwa keputusan lockdown suatu negara yang diterapkan secara global memiliki sejumlah efek terhadap lingkungan. Beberapa hari setelah lockdown, warga Venesia berbagi foto yang memperlihatkan ikan bersliweran di laguna, biasanya keberadaan perahu bikin perairan itu amat keruh karena mengaduk endapan lumpur dari dasar air.

Baca juga: Resmi Menjadi Wagub, Riza Patria Evaluasi PSBB DKI

Foto satelit lainnya juga diambil di AS hingga China. Serupa, polusi udara menurun drastis karena jutaan orang tinggal di rumah.Di sisi lain, di India, penduduknya kini dapat melihat Himalaya untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Hal itu dikarenakan pengurangan polusi udara secara signifikan.

Italia jadi salah satu negara yang terparah akibat pandemi Corona. Jumlah korban meninggalnya 21.645 hingga hari Kamis kemarin menurut data dari Universitas Johns Hopkins, dan 165.155 lainnya dinyatakan positif.

News Feed