by

Bundesliga Akan Dihelat Kembali, Ultras: Ini Sebuah Penghinaan

Rencana Bundesliga untuk bergulir lagi dalam waktu dekat ditentang ultras Jerman. Menurut mereka hal menghina upaya penumpasan pandemi virus corona.

Bundesliga bersama liga-liga top Eropa lainnya harus ditangguhkan sementara karena teror COVID-19. Jerman bahkan jadi negara kelima dengan jumlah penderita terbanyak yakni 138.497 orang, 4.193 di antaranya meninggal dunia.

Kondisi ini membuat pemerintah Jerman memberlakukan lockdown demi menekan penyebaran virus tersebut. Tapi, seiring mulai menurunnya angka penyebaran virus itu, Kanselir Angela Merkel bakal mencabut aturan itu pelan-pelan.

Aturan lockdown bakal dicabut mulai Senin (20/4/2020) besok yang membuat toko-toko mulai bisa berjualan dan sekolah bisa aktif lagi per 4 Mei. Ada pengecualian untuk event besar seperti konser musik dan sepakbola pada 31 Agustus.

Meski demikian, Bundesliga mau mencoba menyerahkan proposal agar diberi izin menggelar kompetisi lagi dengan opsi stadion tertutup. Kompetisi dijalankan agar roda perekonomian klub tetap jalan, terutama dari pendapatan hak siar.

Baca juga: Kingsley Coman: Saya Ingin Mencoba Tantangan Baru

Memang Bundesliga jika bergulir lagi bisa jadi hiburan masyarakat di tengah pandemi ini. Tapi, di satu sisi, keputusan itu dianggap terlalu cepat dan bisa berakibat fatal karena bakal ada kontak fisik antarpemain.

Padahal virus corona belum ditemukan vaksinnya dan masih mungkin menular kepada orang yang sebelumnya sempat positif COVID-19.

“Karantina sepakbola, pertandingan tertutup itu bukan solusinya. Tentunya tidak bisa diterima jika sepakbola kembali bergulir saat ini, terutama dalam kondisi pembatasan sosial seperti sekarang,” ujar pernyataan gabungan ultras tim Bundesliga seperti dikutip ESPN.

“Tentunya penghinaan bagi masyarakat jika kompetisi buru-buru dihelat.”

Bundesliga Fusball League (DFL) dan klub-klub akan bertemu lagi 24 April untuk membahas kelanjutan kompetisi.

Baca juga: Reus Sarankan Jadon Sancho Bertahan Dulu di Dortmund

News Feed