by

Ameobi: Newcastle United Tak Perlu Rekrut Pochettino

Newcastle United digosipkan mengincar Mauricio Pochettino sebagai manajer baru. Hal itu ditentang oleh eks pemain The Magpies, Shola Ameobi.

Sedikit lagi Newcastle akan segera diakuisisi oleh konsorsium yang dimodali dana dari Arab Saudi. Jika prosesnya lancar, Newcastle diprediksi akan membangun ulang tim dengan berisi pemain-pemain kelas dunia.

Manajer mereka saat ini, Steve Bruce, diyakini juga akan dilengserkan. Nama yang lebih mentereng diyakini akan ditunjuk, dan Pochettino-lah yang kini santer dikaitkan, mengingat statusnya yang tengah menganggur usai didepak Tottenham Hotspur akhir tahun lalu.

Baca juga: Dua Nama Ini Berpotensi Menjadi Manajer Baru Newcastle

Namun Ameobi tak mau Bruce diganti. Menurut pemain yang membela Newcastle selama 14 musim itu, kinerja Bruce saat ini terbilang bagus. Dengan skuad seadanya, posisi Newcastle cukup aman dari zona degradasi, tepatnya peringkat 13 klasemen sementara dengan 35 poin.

“Saya orang yang tak mau gegabah dalam mengambil keputusan. Menurut saya, kerja Steve Bruce luar biasa, dengan apa yang dia punya saat ini,” ujar Ameobi kepada Sky Sports.

“Steve adalah manajer yang berpengalaman. Saya menyarankan agar kami tetap dengan apa yang kami punya.”

“Jika pemilik baru datang, mereka ingin tahu bagaimana klub akan dijalankan, apa yang mereka miliki saat ini. Buat saya, penting memberikan stabilitas atas apa yang dipunyai saat ini, setelah itu barulah bergerak ke depan dan membuat keputusan setelah mengetahui kondisi klub.”

Baca juga: Mau Benitez atau Pochettino, Newcastle Terlihat Lebih Seksi

“Kalau saya sih, akan meminta pemilik baru untuk tak gegabah dan baru membuat keputusan jika situasinya sudah tepat,” lanjut pria asal Nigeria itu.

Selama lebih dari dua dekade menjalani karier manajerial, Bruce memang tak pernah menangani klub-klub top. Ia pun nihil prestasi juara.

Pochettino pun belum pernah meraih gelar selama menjadi pelatih, namun ia diperhitungkan sebagai pelatih top berkat jasanya membawa Tottenham lolos ke Liga Champions selama 4 musim terakhir dan sekali menjadi runner-up.

Baca juga: Pochettino Merasa Tottenham Kurang Memberinya Waktu

News Feed